Evaluasi

  1. Evaluasi meliputi audit kecukupan dokumen dan audit lapang. Jika dalam audit kecukupan dokumen ditemukan kekurangan, pemohon diminta melakukan tindakan perbaikan dalam waktu 15 hari.
  2. Pemohon akan menerima Surat Pemberitahuan Pelaksanaan Evaluasi meliputi: jadwal evaluasi, tim audit, petugas pengambil contoh, dan/atau Laboratorium Pengujian.
  3. Keberatan atas hal-hal di atas hanya dilayani satu kali sebelum proses evaluasi dilaksanakan.
  4. LS-PRO CCQC akan menugaskan Tim Auditor (terdiri atas Lead Auditor dan Auditor) dan Petugas Pengambil Contoh (PPC) untuk  melakukan  audit lapang dan pengambilan contoh. Pengujian mutu produk akan dilakukan di Laboratorium pengujian yang ditunjuk.
  5. Temuan-temuan Auditor diklasifikasikan sebagai berikut:
  • Kategori 1 (major) : bila temuan ketidaksesuaian sangat berpengaruh terhadap mutu hasil sertifikasi. Batas waktu perbaikan adalah 1 (satu) bulan.
  • Kategori 2 (minor) : bila temuan ketidaksesuaian berpengaruh kecil terhadap mutu hasil sertifikasi.Batas waktu perbaikan adalah 2 (dua) bulan.
  • Kategori 3 : Obsevasi, bila ditemukan hal yang menjurus kepada ketidaksesuaian ringan. Batas waktu perbaikan adalah 1 (satu) tahun, dan akan diverifikasi pada saat survailen berikutnya.

Apabila selama evaluasi ditemukan ketidaksesuaian, pemohon diminta untuk melakukan tindakan perbaikan   sesuai dalam batas waktu yang disepakati. Setelah pemohon melaksanakan tindakan perbaikan akan diverifikasi oleh auditor.

last update december 2012